24 Desember 2011

Bahaya dari Kosmetik Pemutih Wajah

Kulit putih adalah dambaan bagi sebagian besar wanita

     Kulit putih adalah dambaan bagi sebagian besar wanita terutama wanita Indonesia. Mereka Ber-image bahwa putih identik dengan cantik. Maka untuk mendapatkannya mereka berbagai cara , salah satunya dengan menggunakan kosmetika pemutih. Tapi pemilihannya harus ekstra hati-hati karena ada beberapa bahan pemutih dapat memberikan efek yang berbahaya bagi pemakainya. 




     Hidroquinon yang banyak dipakai sebagai penghambat pembentukan melamin yang dapat menyebabkan hiperpigmentasi, padahal melamin berfungsi sebagai pelindung kulit dari sinar ultraviolet, sehingga terhindar dari resiko terkena kanker kulit. Hidroquinon merupakan bahan aktif pemutih yang masih tergolong aman untuk digunakan tetapi hanya dibatasi 2% saja, karena jika lebih dari 2% dapat membahayakan kesehatan kulit karena dapat menyebabkan kanker sebagai akibat terhambatnya pembentukan melamin yang berfungsi sebagai pelindung kulit dari sinar. Apabila digunakan dalam jangka waktu yang lama dan di bawah sinar matahari secara langsung, hidroquinon dapat mengakibatkan kulit menjadi hitam dan benjolan kekuningan pada kulit yang disebut sebagai okrosinosis yang sifatnya permanen sebagai akibat terhambatnya produksi melanin kulit yang berfungsimelindungi kulit dari sinar ultraviolet. oleh karena itu Badan POM menetapkan ambang batas kandungan hidroquinon di bawah 2%.
Hidroquinon

     Sedangkan merkuri atau air raksa (Hg) penggunaannya sudah dilarang. Penggunaan merkuri yang berlebih lama kelamaan akan mengendap di dalam kulit. Pemakaian bertahun-tahun akan menyebabkan kulit biru kehitaman dan memicu timbulnya kanker kulit. Meskipun penggunaan hidroquinon dibatasi 2% dan merkuri atau air raksa (Hg) sudah dilarang oleh pemerintah, namun banyak kosmetika yang masih menggunakannnya.
Merkuri

     Disamping itu juga banyak kosmetik yang berharga ratusan ribu hingga jutaan yang dioplos oleh pihak yang tidak berwenang dengan zat-zat yang berbahaya dan dilarang oleh BPOM. Maka bijak dan berhati-hatilah dalam memilih dan membeli kosmetik.
     Ada juga tips untuk membuat kulit yang punya flek kehitaman menjadi hilang dan bersih cek disini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar